Sistem Pernapasan

Jumat, 06 Februari 2015

Sistem Pernapasan


Pernahkah kamu rasakan apa yang terjadi saat bernapas? Coba rasakan dengan mendekatkan jarimu atau cermin di depan hidungmu, atau rabalah dadamu saat melakukan pernapasan. Apa yang terjadi pada tubuh kita ketika bernapas? Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaanpertanyaan tersebut, kita simak uraian selanjutnya.

Pengertian Pernapasan

Respirasi atau Pernapasan dapat diartikan sebagai suatu proses pengambilan O2 dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan pelepasan CO2 dari dalam tubuh ke lingkungan yang ditujukan untuk mendapatkan energi. Pernapasan pada hewan berlangsung dalam tiga tahap.

1. Respirasi luar (eksternal)

Respirasi luar merupakan proses pengikatan gas O2dari atmosfer ke kapiler di paru-paru oleh hemoglobin dan pelepasan CO2 dari kapiler paruparu ke atmosfer pada hewan darat atau pertukaran gas O2dan CO2dari medium air ke kapiler insang dan sebaliknya pada hewan yang hidup di air. Pengikatan O2 :
Hb + O2HbO

Pelepasan CO2:

HCO – + H+ H CO2 H2O+ CO2

2. Respirasi dalam (Internal)

Respirasi dalam (internal) merupakan proses pengikatan O2dari kapiler 2 darah ke jaringan, serta pelepasan CO2 dari jaringan ke pembuluh vena.

3. Respirasi sel

Respirasi sel merupakan reaksi oksidasi-reduksi yang terjadi di dalam sel, O2 digunakan sel-sel tubuh untuk proses pembakaran (oksidasi) untuk menghasilkan energi dan sebagai sisa metabolisme berupa CO2dan H O.

a) Pengangkutan O2 dari kapiler paru-paru ke jaringan.
O2 pada kapiler diikat oleh Hb pada eritrosit.
O2+ H HbO , masuk ke peredaran darah sampai di jaringan.

Pada kapiler jaringan:
HbO Hb + O2, O2berdifusi ke jaringan untuk proses respirasi sel.

b) Pengangkutan CO2dari jaringan ke paru-paru.
Pada jaringan terjadi proses respirasi sel dan menghasilkan CO2 . CO2 berdifusi ke aliran darah pada kapiler sehingga terjadi reaksi:
CO2+ Hb2HbCO ,
enzim } pada eritrosit

CO2+ H2OH CO2

Sebagian kecil CO2+ H2OH CO2pada plasma.

H CO2dari eritrosit ke luar masuk ke plasma darah.
+ –
H CO2H + HCO .

Pada kapiler alveoli
HbCO Hb + CO2.

} berdifusi ke alveoli
H+ + HCO– H CO2 H2O+ CO2
Sistem Pernapasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn