Respirasi pada Hewan

Rabu, 04 Februari 2015

Respirasi pada Hewan

Hewan rendah seperti Protozoa, tidak memiliki alatalat khusus pernapasan sehingga gas CO2 cukup diperoleh dengan cara difusi melalui permukaan tubuhnya. Hewan yang lebih tinggi tingkatannya telah memiliki alat-alat khusus untuk pengambilan O2maupun pelepasan CO2. Alat-alat khusus ini dapat berupa paru-paru untuk hewan yang hidup di darat, insang untuk hewan yang hidup di air, atau alat lain seperti trakea pada insekta dan juga kulit pada hewan-hewan tertentu, seperti pada cacing.

1. Sistem Respirasi pada Invertebrata

Invertebrata air memiliki alat pernapasan yang berbeda denganinvertebrata daratan, misalnya pada Ameba pertukaran gas terjadi dengan menggunakan seluruh permukaan tubuhnya, gas berdifusi melalui sel tubuhnya. Serangga air bernapas dengan insang trakea. Prinsip kerja insang trakea pada serangga air sama dengan trakea pada serangga darat. Bedanya, spirakel serangga air berhubungan dengan alat semacam insang di bagian luar tubuh untuk absorpsi O2dan membuang CO2dalam lingkungan air. Respirasi pada invertebrata dapat kamu lihat pada Gambar.
Respirasi pada invertebrata

Cacing tanah tidak mempunyai alat khusus untuk bernapas. Kulitnya yang dilapisi lendir cukup untuk melarutkan udara luar yang selanjutnya berdifusi ke dalam tubuh melalui kulit, masuk ke pembuluh darah.

Perhatikan Gambar  serangga memiliki sistem pembuluh trakea untuk bernapas, trakea memiliki muara berupa spirakulum (spirakel).Spirakel atau stigma dapat kita lihat pada permukaan tubuh serangga berupa lubang-lubang kecil pada tiap ruas tubuh serangga. Pada belalang, spirakel terdapat di kedua sisi ruas pertama dan ruas ketiga dari dada, dan delapan pasang spirakel di ruas-ruas perut. Tiap spirakel memiliki katup yang membuka atau menutup saat keluarnya CO2dan masuknya O2.

Organ pernapasan pada serangga dapat dilihat pada Gambar. Suatu spirakel dengan atrium, alat penyaring dan katup (menurut Snodgrass) B. Sebuah kantung udara (menurut Snodgrass) C. Diagram yang memperlihatkan hubungan spirakel dan trakeol dengan trakea (diubah dari Ross)
Respirasi pada Hewan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn