Proses Pewarisan Budaya Pada Masyarakat Modern

Jumat, 06 Februari 2015

Proses Pewarisan Budaya Pada Masyarakat Modern

Pewarisan budaya pada masyarakat modern berlangsung dengan cara yang canggih untuk mewujudkan tujuan yang terus berkembang menuju modernisasi untuk mewujudkan tujuan yang sangat komperehensif. Cara canggih karena pewarisan budaya tidak lagi hanya terjadi melalui pertemuan langsung, tetapi juga melalui pewarisan langsung. Jarak tidak lagi menjadi penghalang proses berlangsungnya pewarisan budaya akibat ada dan berkembangnya teknologi komunikasi.

Cara canggih karena pewarisan budaya pada masyarakat modern sudah berlangsung melalui media massa dan elektronik. Radio, televisi, dan internet merupakan sarana pewarisan budaya yang berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Pewarisan budaya berlangsung ketika menonton televisi, mendengar radio dan membuka internet. Cara hidup seseorang dapat tersebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia melalui media komunikasi elektronik. Anak muda dengan bida meniri cara berpakai artis top karena melihatnya melalui televisi atau membacanya pada majalah.

Pewarisan budaya tidak lagi hanya terjadi dalam lingkup kehidupan keluarga. Ruang lingkupnya sudah sangat luas, bahkan mencakup seluruh dunia. Tujuan sosialisasi tidak pula hanya didominasi oleh tujuan keluarga; tetapi juga sudah meluas akibat lahirnya organisasi modern, seperti negara. Kehadiran negara sangat mempengaruhi tujuan pewarisan budaya, melalui berbagai agen pewarisan budaya, negara bertujuan untuk mewujudkan tujuan nasional dengan tujuan akhir terwujudnya modernisasi dalam segala aspek kebudayaan.

Berdasarkan pengamatan terhadap modernisasi, hidup modern memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Arus komunikasi yang semakin global dan cepat; Teknologi yang semakin canggih; Efisiensi dalam segala bidang; Edukasi ( pendidikan ); Pembagian kerja; Urbanisasi; Konsumtif. Modernisasi Indonesia diwujudkan melalui pelaksanaan pembangunan nasional. Pada hakekatnya pembangunan nasional dilakukan untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan. Meskipun demikian, kita masih juga mempunyai saudara-saudara yang hidup tertinggal dan miskin. Pemerintah Indonesia telah berbuat banyak, di antaranya dengan meluncurkan program WAJARDIKNAS 9 tahun, DTL, GNOTA dan Jaringan Pengaman Sosial serta berbagai Proyek Tenaga Padat Karya. Warga negara Indonesia harus mendukung hal tersebut dengan cara mengembangkan sikap setia kawan, sederhana, hemat dan tidak memamer-mamerkan kekayaan.

Bila kita amati, nyatalah pelaksanaan hidup modern mempunyai kelebihan-kelebihan, di antaranya: Suka bekerja keras, rajin dan ulet; Berpikir maju, aktif dan kreatif.; Tidak ketinggalan zaman. Di samping kelebihan tersebut, pelaksanaan hidup modern juga memiliki kekurangan, yaitu: Sering lepas kendali dari tatanan etika karena cenderung meninggalkan nilai-nilai agama: masyarakat menjadi acuh tak acuh, egois dan individualistis. Diharapkan pewarisan budaya Indonesia dapat mewujudkan manusia Indonesia dengan kepribadian :
1. Berorientasi pada masa depan.
2. Memiliki hasrat tinggi untuk bereksplorasi.
3. Berorientasi pada achievement.
4. Percaya pada diri sendiri dan bekerja keras.
Proses Pewarisan Budaya Pada Masyarakat Modern Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn