Macam-Macam Tumbuhan

Rabu, 04 Februari 2015

Macam-Macam Tumbuhan

Di dunia ini terdapat keanekaragaman tumbuhan. Adanya keanekaragaman tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk mengelompokkan makhluk hidup yang berupa tumbuhan. Pengelompokan tumbuhan dalam kelompok-kelompok pada dasarnya dilakukan atas adanya persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki.

Macam-Macam Tumbuhan

Perhatikan bermacam-macam tumbuhan pada Gambar
Banyak sekali jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di muka dunia ini. Ada yang hidup di wilayah daratan dan ada pula yang hidup di wilayah perairan. Macam-macam tumbuhan yang sering kita lihat umumnya terdiri atas bagianbagian seperti akar, batang, dan daun. Namun, bila kita amati, ternyata jenis tumbuh-tumbuhan tersebut tidak hanya memiliki akar, batang daun.

Coba Anda amati seperti jenis tumbuhan yang hidup di dinding, genteng, batu bata, atau tanah lembap. Jika Anda lihat tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang belum dapat dibedakan atas akar, batang, dan daun. Kenyataan itu membuktikan bahwa ternyata masih banyak sekali jenisjenis tumbuhan yang belum banyak diketahui. Oleh sebab itu, pada bab ini Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang dunia tumbuh-tumbuhan/Plantae.

Macam-Macam Tumbuhan

Dari hasil kegiatan yang telah Anda lakukan, dapat diketahui bahwa ternyata ada beberapa divisio tumbuhan.


1. Alga/Ganggang (Thallophyta)

Thallophyta merupakan tumbuh-tumbuhan yang tidak memiliki akar, batang dan daun sebenarnya, misalnya alga (ganggang).

a. Ciri-Ciri Alga
Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang alga (ganggang), terlebih dahulu Anda lanjutkan Kegiatan Kelompok 1 untuk mengetahui struktur tubuh alga lebih jelas! Untuk itu, lakukan Kegiatan kelompok 2 berikut!


Alga termasuk tumbuhan talus, yaitu tidak memiliki akar, batang, dan daun yang sesungguhnya. Oleh karena itu, jenis alga ini dimasukkan dalam divisio Thallophyta (tumbuhan talus). Alga ini mempunyai ukuran tubuh yang bervarisasi, ada yang mikroskopis sampai yang mencapai ukuran panjang.

Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang bersel satu berbentuk bulat, lonjong, kotak, dan sebagainya. Ada juga yang berbentuk lembaran, benang, seperti daun yang bersel banyak, bahkan ada yang seperti tumbuhan tingkat tinggi yaitu memiliki akar, batang, dan daun. Dapatkah Anda menemukannya? Walaupun tubuh alga menunjukkan keanekaragaman yang besar, tetapi semua selnya mempunyai inti dan plastida.

Di dalam plastida terdapat zat-zat warna derivat klorofil, yaitu klorofil a dan klorofil b atau kedua-duanya. Selain itu, terdapat pula zat-zat warna yang lain, seperti fikosianin (warna biru), fukosantin (warna pirang), fikoeritrin (warna merah), juga ditemukan zat warna xantofil dan karotin. Dengan adanya zat warna tersebut alga jenis ini dapat melaksanakan fotosintesis, sehingga dapat dikatakan alga bersifat autotrof.
2. Lumut /Bryophyta 
3. Tumbuhan Paku (Pteridophyta) 
Macam-Macam Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn