Amerika Serikat [Negara-Negara Maju]

Kamis, 05 Februari 2015

Amerika Serikat [Negara-Negara Maju]


1) Kondisi Fisik 


Peta negara Amerika Serikat
Amerika Serikat terletak di Benua Amerika, dengan ibu kota negara Washington DC. Negara federal ini terdiri atas 48 negara bagian yang berdampingan dan 2 negara bagian yang terpisah, yaitu Alaska dan Hawaii. Luas wilayahnya adalah 9.371.829 km2. Batas-batas wilayah Amerika Serikat adalah sebagai berikut.
a) Sebelah utara berbatasan dengan Kanada.
b) Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Meksiko.
c) Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
d) Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Secara geografis, terdapat berbagai variasi di wilayah Amerika Serikat. Nega- ra bagian Alaska yang terpisah dan terletak di kawasan paling utara memiliki ciri- ciri geografis tersendiri dan berbeda dengan 48 negara bagian lainnya. Alaska adalah wilayah negara bagian Amerika Serikat yang terluas, yang berbatasan dengan Rusia di Selat Bering.

Wilayah negara bagian Amerika Serikat yang berdampingan terbagi atas enam bagian, yakni Pegunungan Pantai Pasifik, Pegunungan Rocky Mountains, Wilayah antarpegunungan (Intermontane Region), Dataran Pantai Atlantik, Pe- gunungan Appalachia, dan Dataran Rendah Pedalaman.

  • Pegunungan Pantai Pasifik, kawasan ini terletak di sebelah barat meliputi Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Nevada, dan rangkaian pegu- nungan sepanjang pantai Pasifik dari Washington hingga California. Pegu- nungan Cascade terletak di antara dataran rendah Selat Puget dan Plato Columbia. Pegunungan Sierra Nevada merupakan daerah pariwisata kare- na pemandangannya yang indah.
  • Pegunungan Rocky Mountains, kawasan ini merupakan sistem pegunungan terbesar di Amerika Utara, meluas dari Pegunungan Brooks di Alaska Utara sampai Pegunungan Sangre de Cristo di New Mexico Utara. 
  • Wilayah antarpegunungan, kawasan ini terletak di sebelah barat Pegunungan Rocky Mountains, merupakan wilayah paling kering di Amerika Serikat dan penghuninya sangat sedikit. Wilayah yang terletak antara Pegunungan Rocky Mountains dan Pegunungan pantai Pasifik ini merupakan daerah gurun, plato, dan cekungan-cekungan. Wilayah ini terbagi tiga, yaitu Great Basin, Plato Colorado, dan Plato Columbia. Great Basin berupa gurun dengan danau terbesarnya, yaitu Danau Great Salt.
  • Dataran Pantai Atlantik, kawasan ini merupakan dataran rendah yang mencakup pesisir Teluk Mexico. Teluk terbesar di kawasan ini terletak di Pantai Atlantik, yakni Teluk Chesapeake di ujung Sungai Susquehanna. Dataran pesisir Teluk Mexico dilalui Sungai Missisippi, sungai ini membentuk delta besar ketika memasuki Teluk Mexico. Daerah sekitar delta merupakan tanah aluvial yang subur.
Peta pesisir Teluk Mexico.

  • Pegunungan Appalachia, kawasan ini melajur dari Pegunungan Adirondack ke arah barat daya hingga Alabama. Sebagian besar gunung-gunung tidak begitu tinggi sehingga bisa dibangun jaringan jalan raya.
  • Dataran Daerah Pedalaman, kawasan ini terbentang mulai dari Plato Allegheny di sebelah timur sampai kaki Pegunungan Rocky Mountains di sebelah barat. Kawasan ini terbagi dua, yaitu dataran rendah tengah dan Great Plains. Wilayah Great Plains yang terdapat di bagian barat merupakan daerah yang subur.

Kondisi Sosial

Penduduk Amerika Serikat pada tahun 2002 berjumlah 291 juta jiwa, dengan rata-rata pertumbuhan penduduk sekitar 1%. Jumlah penduduk di Amerika Serikat tersebut menempati urutan ke 3 di dunia.

Kondisi Ekonomi

Data dari UNDP mengenai GDP (Gross Domestic Product), Amerika Serikat menduduki peringkat ke-4 dari 177 negara di dunia dengan nilai 35.750 US$. Sekitar 17% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Sebagai negara industri paling maju di dunia, hampir 80% dari seluruh hasil produksinya diperoleh dari sektor industri. Lokasi industri berat berada di Pittsburgh, Pennsylvania, dan Ohio.

Kondisi Budaya

Penduduk pribumi pertama Amerika Serikat adalah orang Indian. Negara bagian Alaska memiliki komposisi etnis yang berbeda dengan negara-negara bagian lainnya. Penduduk Alaska terdiri atas orang Eskimo, Indian, dan Aleut yang tergolong penduduk pribumi. Sekarang ini penduduk yang mendominasi di Amerika Serikat adalah penduduk kulit putih yang dulunya adalah imigran dari Eropa.
Bentuk kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat sudah terjalin dengan baik. Tetapi setelah peristiwa hancurnya gedung WTC ( World Trade Center) tahun 2001 yang berkaitan dengan aksi terorisme, hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat agak merenggang. Contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat antara lain:
a) adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Amerika Serikat,
b) hubungan perdagangan, di mana banyak perusahaan Amerika Serikat yang menanamkan modalnya di Indonesia,
c) Amerika Serikat ikut berperan membantu ASEAN (Indonesia adalah salah satu anggota ASEAN),
d) adanya pertukaran pelajar dan mahasiswa antardua negara, dan
e) Amerika Serikat merupakan negara investor ke-3 untuk Indonesia setelah Jepang dan Hongkong, khususnya di bidang industri.
Amerika Serikat [Negara-Negara Maju] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn