Ciri-Ciri Umum Hewan dan Pengelompokan Hewan

Rabu, 28 Januari 2015

Ciri-Ciri Umum Hewan dan Pengelompokan Hewan

Perhatikan beberapa hewan pada Gambar! Dapatkah berbagai jenis hewan itu dimasukkan dalam satu filum? Coba pikirkan! Andaikan bisa, berarti hewan-hewan tersebut mempunyai beberapa persamaan dalam strukturnya. Ingatlah kembali tentang sistem klasifikasi makhluk hidup! Sebagai contoh, cobalah amati hewan kucing dan cacing yang sering kita lihat sehari-hari! Apakah kedua hewan tersebut dapat dimasukkan dalam satu kelompok? Apabila kita perhatikan, kucing mempunyai rangka, yaitu tulang belakang yang dapat melentur, tetapi apakah cacing juga mempunyai tulang belakang? Jika kita memutuskan tubuh cacing, maka kita akan mengetahui bahwa tubuh cacing tidak memiliki tulang belakang. Walaupun tidak mempunyai tulang belakang, tetapi cacing tersebut mempunyai semacam batang dapat melentur yang letaknya kira-kira pada tempat yang sama seperti pada tulang belakang. Dengan demikian kedua hewan tersebut tidak dapat dimasukkan dalam satu kelompok karena mempunyai perbedaan dalam strukturnya.

Pengelompokan Hewan

Dari Kegiatan Kelompok 1 Anda sudah dapat mengetahui golongan hewan yang termasuk anggota kelompok tidak mempunyai tulang belakang (Avertebrata) dan golongan hewan yang termasuk kelompok bertulang belakang (Vertebrata). Hewan-hewan yang diamati pada Kegiatan Kelompok 1 merupakan sebagian kecil dari anggota hewan di muka bumi ini. Selanjutnya, Anda akan mempelajari lebih mendalam lagi tentang anggota hewan yang termasuk Avertebrata dan Vertebrata.

Menurut para ahli, terbentuknya hewan-hewan di muka bumi ini dimulai dari zigot bersel satu yang mengalami pembelahan sel dan sel tersebut akan bertambah banyak yang terbentuk menyerupai bola. Bentuk seperti bola tersebut akan mengalami perkembangan, yaitu akan melekuk ke dalam sehingga akan terbentuk dua lapisan, yaitu ektoderm (lapisan luar) dan endoderm (lapisan dalam). Ektoderm dalam masa perkembangannya membentuk bagian-bagian tubuh tertentu, yaitu epidermis, kulit, dan sistem saraf, sedangkan lapisan endoderm akan berkembang menjadi sistem pencernaan dan kelenjarnya. Ada beberapa hewan yang berkembang pada tingkat kedua lapisan ini yang dinamakan diplobastik. Adapun yang termasuk golongan hewan ini adalah Porifera dan Coelenterata.

Di antara kedua lapisan, yaitu ektoderm dan endoderm akan berkembang dan terbentuk lapisan mesoderm. Lapisan mesoderm akan berkembang membentuk bagian tubuh yang menjadi otot, sistem reproduksi, sistem sirkulasi, dan sistem ekskresi. Golongan hewan yang berkembang pada ketiga tingkat lapisan ini dinamakan triplobastik. Golongan hewan ini adalah Plathyhelminthes dan Nemathelminthes .

Dari hasil penelitian diketahui pada Platyhelminthes belum mempunyai rongga tubuh, yaitu terlihat tubuhnya padat, tanpa rongga antara usus dan tubuh terluar sehingga digolongkan sebagai triplobastik aselomata (selom = rongga tubuh). Adapun pada Nemathelminthes mempunyai rongga tubuh semu, yaitu mesoderm belum membentuk rongga yang sesungguhnya karena tampak pada mesoderm belum terbagi menjadi lapisan dalam dan lapisan luar, yang dinamakan dengan triplobastik pseudoselomata dan yang mempunyai rongga tubuh dinamakan triplobastik selomata karena mesodermnya sudah dipisahkan oleh rongga tubuh yang terbentuk menjadi dua lapisan, yaitu dalam dan luar. Termasuk golongan hewan ini adalah Annelida sampai Chordata.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa terbentuknya hewan dimulai dari Protozoa (ingatlah kembali pelajaran tentang Protista!) kemudian Porifera, Coelenterata, sampai pada tingkat Mamalia. Jadi, hewan tersebut mengalami perkembangan dari satu sel menjadi banyak sel hingga terbentuk triplobastik aselomata, pseudoselomata, sampai selomata. Agar lebih jelas lihat dan amati Gambar 8.2!
Rongga tubuh hewan
Rongga tubuh hewan

Hewan yang digolongkan dalam kelompok Avertebrata memiliki persamaan ciri, yaitu tidak mempunyai ruas-ruas tulang belakang (vertebrae). Jika kita amati, golongan hewan ini memiliki pola organisasi tubuh yang agak sederhana, dibandingkan dengan kelompok hewan vertebrata. Dengan dasar inilah hewan-hewan ini dianggap primitif atau merupakan bentukbentuk paling awal dari kehidupan yang telah mengalami sedikit perubahan. Sekarang Anda sudah mengetahui tentang terbentuknya hewan. Hewan apa saja yang termasuk dalam Avertebrata? Pelajarilah materi berikut dengan baik!

1. Avertebrata
Kelompok Avertebrata terdiri atas filum-filum berikut.
  1. Filum Porifera
  2. Filum Coelenterata
  3. Filum Plathyhelminthes
  4. Filum Nemathelminthes
  5. Filum Annelida
  6. Filum Mollusca
  7. Filum Echinodermata
  8. Filum Arthropoda
Ciri-Ciri Umum Hewan dan Pengelompokan Hewan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn