Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 22 Januari 2015

Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Pengertian Pasar

Seperti yang telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya bahwa terbentuknya harga pasar disebabkan terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli. Untuk dapat menyepakati tingkat harga tertentu pihak penjual dan pembeli harus dipertemukan terlebih dahulu dalam sebuah pasar.

Dari uraian di atas kita dapat mengartikan bahwa pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga keduanya dapat berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga.

Pasar yang kita gambarkan di atas tentunya merupakan gambaran pasar dalam pengertian sehari-hari, sementara menurut ilmu ekonomi pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang/jasa yang diperjual- belikan. Hal ini berarti cakupan pengertian pasar lebih luas dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari yang hanya menunjukkan suatu tempat.

Pertemuan permintaan dan penawaran tidak hanya dilakukan di pasar (tempat), tetapi juga di luar pasar, melalui alat-alat komunikasi, misalnya telepon, teleks dan surat.
Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk mengadakan transaksi jual beli
Barang-barang yang diperdagangkan pun tidak hanya sebatas barang- barang konsumsi, tetapi juga barang-barang produksi, seperti mesin, bahan mentah, tenaga kerja, dan jasa. Bahkan, pasar modal, pasar surat berharga (bursa), dan sejenisnya.
http://bangseko.blogspot.com/2015/01/macam-macam-pasar-output.html

Fungsi Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Pembentukan nilai harga

Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

2. Pendistribusian

Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

3. Promosi

Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.
Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn