Masalah Kependudukan Indonesia

Senin, 10 November 2014

Masalah Kependudukan Indonesia

Indonesia merupakan negara berkembang dengan jumlah penduduk yang masih relatif tinggi. Saat ini Indonesia menempati urutan ke-4 jumlah penduduk terbesar di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Masalah kependudukan di Indonesia sama dengan masalah-masalah yang dihadapi negara-negara berkembang lainnya, di antaranya jumlah dan laju penduduk yang tinggi, persebaran penduduk tidak merata dan mobilitas serta kualitas penduduk yang rendah.

1. Jumlah dan Laju Pertumbuhan Penduduk

Program kebijakan kependudukan yang telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia adalah Program Keluarga Berencana. Program ini telah menampakkan hasil yang sangat besar, hal ini ditunjukkan dengan menurunnya laju pertumbuhan mencapai 63,67 % dari periode 1971-1980.

Tabel 2.2 Laju Pertumbuhan Penduduk dari Periode 1971 - 2000
Laju Pertumbuhan Penduduk dari Periode 1971 - 2000

Data pada Tabel 2.3 menunjukkan apabila pola pertumbuhan penduduk konstan maka laju pertumbuhan penduduk diperkirakan akan mengalami penurunan yang nyata pada periode 2020 - 2030. Laju pertumbuhan penduduk Indoensia dari periode ke periode sebenarnya menunjukkan penurunan yang nyata namun karena jumlah penduduk Indoensia yang besar maka laju pertumbuhan penduduk Indonesia masih tergolong tinggi.

2. Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Persebaran penduduk Indonesia yang tidak merata menyebabkan kepadatan penduduk Indonesia tidak seimbang. Tabel 2.3 menunjukkan ketidakseimbangan kepadatan antara pulau Jawa dengan pulau-pulau luar Jawa. Hasil sensus tahun 2000 menunjukkan bahwa persentase penduduk yang tinggal di Pulau Jawa lebih tinggi mencapai kurang lebih 60% dan kepadatan penduduk mencapai 951 jiwa/km2 . Berbeda sekali dengan pulau-pulau luar Jawa yakni Kepulauan Maluku, Papua dan Kalimantan yang masing-masing luasnya hampir 4 kali Pulau Jawa namun hanya dihuni penduduk kurang lebih 2% dari total penduduk Indoensia atau dengan kepadatan 9 jiwa/km .

Tabel 2.3 Persebaran Kepadatan Penduduk Indonesia

3. Mobilitas Penduduk
4. Rendahnya KualitasPenduduk
Masalah Kependudukan Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar