Cara Menghitung Angkatan Kerja

Senin, 10 November 2014

Cara Menghitung Angkatan Kerja

Bagaimana hasil pencarian dan penghitungan data yang telah Anda lakukan sebelumnya? Adakah permasalahan yang dapat diungkap dari penghitungan tersebut? Salah satu masalah yang bisa dilihat adalah apakah dengan tingkat kepadatan penduduk yang ada, lapangan kerja yang ada juga mencukupi.

Manusia tidak akan dapat bertahan hidup apabila tidak melakukan sesuatu yang bernilai produktif sehingga dari hasil aktivitas tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apabila Anda mau memerhatikan maka sebenarnya terdapat umur-umur tertentu dari manusia yang dapat melakukan hal-hal produktif, dan kemampuan antarmanusia satu berbeda dengan manusia yang lain. Kenyataan yang terjadi di Indone- sia banyak anak di bawah umur telah melakukan pekerjaan yang bernilai ekonomis sementara yang lain anak pada usia sama kegiatannya adalah belajar di bangku sekolah. Lalu apakah yang disebut dengan tenaga kerja, angkatan kerja, serta pengangguran?

Salah satu data yang sangat penting dalam pembangunan suatu wilayah adalah mengenai tenaga kerja dan angkatan kerja. Semakin lengkap data tentang ketenagakerjaan maka semakin mudah dan tepat dalam membuat rencana pembangunan suatu wilayah.

Tenaga kerja (man power) ialah besarnya bagian dari penduduk yang dapat diikutsertakan dalam proses ekonomi. Angkatan kerja ialah penduduk yang berumur 15 tahun ke atas yang secara aktif melakukan kegiatan ekonomis. Angkatan kerja terdiri atas:
1. penduduk yang bekerja;
2. penduduk yang mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja;
3. penduduk yang tidak mempunyai pekerjaan sama sekali tetapi mencari pekerjaan secara aktif.

Sedangkan yang bukan angkatan kerja yaitu:
1. penduduk yang berusia 10 tahun atau lebih tidak bekerja atau tidak mencari pekerjaan karena sekolah;
2. penduduk yang mengurus rumah tangga;
3. pensiunan;
4. penduduk yang secara fisik atau mental tidak memungkinkan untuk bekerja.

1. Menghitung Angkatan Kerja

Angkatan kerja suatu wilayah dapat diketahui dengan mengetahui terlebih dahulu Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja adalah persentase angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja dewasa. Rumus TPAK adalah sebagai berikut.

TPAK = Jumlah angkatan kerja × 100% Jumlah penduduk usia kerja

Data angkatan kerja dapat dicari dengan menanyakannya pada petugas BPS atau Dinas Tenaga Kerja di daerah yang akan dihitung TPAK nya. Coba carilah data angkatan kerja di daerah tempat tinggal Anda!

2. Pengangguran

Amatilah orang-orang di sekitar Anda! Apakah di antara mereka ada yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan? Mereka inilah yang kita kenal sebagai pengangguran. Apakah anggota keluarga Anda ada yang sedang menganggur? Pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.
a. Pengangguran terbuka ialah orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari pekerjaan.
b. Setengah pengangguran ialah orang yang bekerja hanya beberapa jam tiap harinya atau kurang dari 25 jam per minggu.

Masalah Kependudukan Indonesia
Cara Menghitung Angkatan Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn

0 komentar:

Posting Komentar