Fakta Ilmiah Menarik Tentang Bebek

Rabu, 17 Agustus 2016

Fakta Ilmiah Menarik Tentang Bebek

Salah satu jenis unggas yang paling familiar dan sering kita jumpai ialah bebek. Unggas ini sangat marak dibudidayakan karena nilai ekonomisnya yang tinggi sebagai  bahan makanan kita. Makanan yang berasal dari daging bebek sangat populer di warung-warung maupun restoran-restoran bintang. Tapi sudah tahukah kalian fakta-fakta ilmiah tentang bebek selain sebagai sumber pangan?


Fakta Menarik Tentang Bebek


  1. Kaki bebek tidak memiliki syaraf ataupun pembuluh darah. Artinya kaki bebek tidak pernah merasakan panas ataupun dingin. Hal ini mendukung bebek untuk terus berenang di air yang sangat dingin ataupun berjalan diatas salju. 
  2. Dalam bahasa inggris bebek jantan dikenal dengan nama Drakes, betinanya ialah Hens dan bayi bebek adalah Ducklings
  3. Suara bebek memiliki gema. Suara bebek yang sering kita dengarkan itu ternyata akan terus memantul kembali ke bebek tersebut (menggema). 
  4. Terdapat lebih dari 40 spesies bebek salah satu yang populer di dunia ialah White Pekin sedangkan kalau di Indonesia kita mengenal Bebek Jawa
  5. Bebek jenis Red-Breasted Merganser dilaporkan mampu terbang dengan kecepatan 100 mile per jam ketika dalam keadaan terdesak dikejar pesawat. 
  6. Bebek mampu terbang sangat tinggi. Bebek jenis Mallard tercatat mampu terbang mencapai 21.000 kaki. 
  7. Bebek mampu hidup 2 hingga 12 tahun, tergantung spesiesnya. 
  8. Bebek memiliki selaput di kakinya, inilah yang menyebabkan bebek adalah perenang yang handal. 
  9. Bebek memiliki tiga kelopak mata, ini adalah sistem yang menunjang aktifitas bebek saat terbang, berenang dan berjalan. 
  10. Bulu pada punggung bebek merupakan bulu antiair. Sehingga bebek mampu terbang walaupun dalam keadaan hujan. 
  11. Bebek yang paling terkenal di dunia ialah Donald Bebek dan Daffy Duck
  12. Beberapa jenis bebek di dunia mampu terbang sejauh 332 mile perhari. Ini terjadi pada musim migrasi mereka. 
  13. Dalam 100 gram bebek mengandung lemak sebanyak 28 gram. Ini jumlah yang cukup besar yaitu 28% dari berat bebek tersebut adalah lemak. 


Itulah beberapa fakta ilmiah menarik tentang bebek. Alam disekitar kita menyimpan banyak hal menakjubkan, mari kita ungkap sisi unik dari alam ini. Simak juga artikel Fakta Unik Tentang Harimau

Fakta Ilmiah Menarik Tentang Bebek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

0 komentar:

Posting Komentar