15 Fakta Menarik Tentang Hamster

Selasa, 30 Agustus 2016

15 Fakta Menarik Tentang Hamster

Apa kalian pernah pelihara hamster? Binatang imut nan lucu yang satu ini sudah cukup populer sebagai perliharaan di Indonesia. Tapi dari banyak pemilik hamster tidak banyak yang tahu fakta tentang hamster ini.
hamster
hamster peliharaan
Selain terbilang murah perawatannya, hamster juga merupakan hewan yang lucu bentuk dan tingkahnya, tak heran jika banyak yang memeliharanya. Jika ada orang tua yang ingin memberikan peliharaan kepada anaknya, mungkin hamster menjadi pilihan yang bagus. Tetapi sebelumnya, ada baiknya jika menyimak beberapa fakta mengenai hamster ini:

Fakta Mengenai Hamster

  1. Hamster tidak akan bangun di malam hari atau siang hari, mereka bangun dan aktif ketika subuh dan sore hari.
  2. Hamster adalah omnifora. Walaupun banyak yang mengira makanan hamster adalah biji bunga matahari, tetapi sebenarnya hamster memakan segalanya, bahkan beras dan daging. 
  3. Hamster selalu memiliki banyak bayi. Jumlah bayi terbanyak yang pernah dimiliki hamster ialah 24 ekor bayi mungil, kebayang nggak gimana jadi ibunya?
  4. Tidak semua jenis hamster berukuran kecil. Walaupun yang sering kita lihat adalah hewan mungil berukuran 2-4 inchi, tetapi sebenarnya beberapa jenis hamster mampu mencapai 13 inchi, artinya seukuran layar laptopmu.
  5. Dari sekian banyak jenis hamster, hanya 5 spesies hamster yang dijadikan hewan peliharaan.
  6. Salah satu jenisnya ialah Syrian Hamster yang tahan terhadap alkohol. 
  7. Syrian hamster mampu menyimpan makanan di pipinya sampai makanan tersebut terfermentasi sempurna menjadi alkohol
  8. Hamster peliharaan perlu roda putar yang besar untuk lari di kandangnya. Jika roda putar ini terlalu kecil mereka akan mengalami sakit punggung dan berhenti berlari, ini menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi mereka.
  9. Mata hamster tidak terlalu bagus untuk mengamati. Sama seperti fakta tentang panda, ketika dilahirkan mereka buta, setelah dua minggu barulah mereka belajar melihat. Hamster adalah hewan buta warna dan rabun jauh. 
  10. Karena penglihatannya buruk, hamster mengandalkan indera penciumannya untuk menemukan tujuannya.
  11. Hamster sangat jago menggali. Di habitat alaminya, hamster merupakan penggali yang ulung, mereka menggali untuk tempat perlindungannya, mampu menggali hingga kedalaman satu meter dan membuat ruang-ruang persembunyian di bawah tanah. 
  12. Pipi hamster dapat mengembang untuk menyimpan makanan. Hamster sering sekali menyimpan makanan di pipinya, tingkahnya ini begitu lucu dan menggemaskan
  13. Usia hamster sangatlah pendek. Hamster bisa hidup maksimal hanya 4 tahun. Ini membuat kita harus berfikir ulang kalau mau memelihara hamster, karena kita pasti akan melihatnya mati.
  14. Hamster memiliki ekor. Walaupun hampir tidak terlihat, tetapi sebenarnya hamster memiliki ekor, ukuran ekornya hanyalah 2-4 cm.
  15. Hamster yang paling terkenal ialah Hamtaro, seekor hamster fiktif dari Manga Jepang yang menjadi anime. Anime ini pernah sangat populer di kalangan anak-anak Indonesia. 

Jadi bagiamana dari beragam fakta tentang hamster itu, jadi tertarik nggak kalian buat pelihara si mungil ini? Yang pasti hamster mudah sekali di pelihara sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. Selain itu tingkahnya ketika menyembunyikan makanan di pipi juga sangat lucu dan menggemaskan. 
15 Fakta Menarik Tentang Hamster Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

0 komentar:

Posting Komentar