Fungsi Sumsung Tulang Belakang

Minggu, 02 Agustus 2015

Fungsi Sumsung Tulang Belakang

artikelsains.com - Tulang belakang terstruktur dalam beberapa macam bagian yang fungsinya masing-masing menunjang koordinasi pada tubuh manusia. Sebelum memasuki pembahasan mengenai fungsi dari sumsung tulan belakang, tahukah anda Apa itu Sumsung Tulang Belakang? Sumsung tulang belakang adalah  tali putih kemilau yang berbentuk tabung dari dasar otak yang menuju ke tulang belakang. Sumsum tulang belakang juga disebut dengan tali spinal. Pada irisan melintangnya, tampak dua bagian-bagian pada sumsum tulang belakang, yakni bagian luar yang tampak berwarna putih dan bagian dalam yang tampak abu-abu yang berbentuk kupu-kupu. Pada bagian luar sumsung tulang belakang memiliki warna putih karena tersusun oleh akson dan dendrit yang diselubungi mielin. Sedangkan pada bagian dalamnya berwarna abu-abu karena  tersusun oleh badan sel yang tak diselubungi mielin dari interneuron dan neuron motorik..

Apabila sumsum tulang belakang diiris secara vertikal, bagian dalam sumsum tulang belakang berwarna abu-abu dan terdapat saluran tengah yang disebut dengan ventrikel dan berisi cairan serebrospinal. Ventrikel ini berhubungan juga dengan ventrikel di dalam otak. Bagian dalamnya mempunyai dua akar saraf yaitu akar dorsal yang berisi dengan saraf sensorik ke arah punggung, dan akar ventral yang berisi dengan saraf motorik ke arah perut.


Fungsi Sumsum Tulang Belakang
Sumsum tulang belakang memiliki fungsi yang sangat penting pada tubuh. Fungsi sumsum tulang belakang adalah diantaranya:
  • Menghubungkan impuls dari saraf sensorik ke otak dan sebaliknya
  • Menghubungkan impuls dari otak ke saraf motorik yang memungkinkan menjadi sebuah jalur terpendek dalam gerak refleks. 
  • Menyampaikan pesan dari otak ke berbagai bagian-bagian tubuh yang umumnya pada otot untuk dikenakan tindakan 
Demikianlah informasi mengenai Fungsi Sumsung Tulang Belakang, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu anda.
Fungsi Sumsung Tulang Belakang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Imran Ramadhan AR

0 komentar:

Posting Komentar