Siklus Hidup Plasmodium Penyebab Malaria

Jumat, 08 Mei 2015

Siklus Hidup Plasmodium Penyebab Malaria

Siklus Hidup Plasmodium Penyebab MalariaPlasmodium adalah genus dari sporozoa atau protista mirip hewan yang tidak memiliki alat gerak. Plasmodium merupakan makhluk hidup renik yang merupakan patogen atau dapat menyebabkan penyakit yang merugikan. Plasmodium hidup menjadi parasit di tubuh hewan dan manusia pada umumnya.


Beberapa spesies plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria adalah Plasmodium ovale, Plasmodium malariae, Plasmodium vivax, Plasmodium falciparum. Dari beberapa spesies dari plasmodium ternyata spesies Plasmodium falciparum yang paling berbahaya dengan menimbulkan penyakit malaria tropikana.

Siklus hidup Plasmodium dengan inang tetap adalah nyamuk Anopheles dan inang perantara adalah manusia:
Siklus hidup Plasmodium
Siklus hidup Plasmodium
  1. Nyamuk Anopheles mengigit manusia (fase infektif). Air liurnya mengandung sel-sel Plasmodium dalam bentuk sporozoit dan zat antikoagulan yang merupakan anti pembekuan darah. 
  2. Sporozoit mengalir menuju hati, kemudian mengalami pembelahan menjadi merozoit.
  3. Merozoit mengalir ke aliran darah dan menyerang eritrosit menjadi tropozoid, lalu melakukan sporulasi. 
  4. Tropozoid lalu matang dan keluar dari eritrosit, sehingga eritrosit mengalami lisis atau pecah (fase diagnosa). Pecahnya sel darah merah mengakibatkan tubuh manusia melakukan reaksi dengan menghasilkan gejala demam. 
  5. Tropozoid yang mengalami sporulasi dapat: (a.) Menjadi merozoit kembali dan menyerang eritrosit lain kembali, (b). Menjadi gametosit.
  6. Gametosit akan dihisap kembali oleh nyamuk Anopheles lain. Di dinding usus nyamuk, gametosit selanjutnya akan berkembang menjadi mikrogamet (betina) dan makrogamet (jantan).
  7. Kedua gamet kemudian mengalami fertilisasi menjadi zigot.
  8. Zigot berkembangan menjadi ookinet.
  9. Ookinet berkembang menjadi ookista dan menghasilkan sporozoit.
  10. Sporozoit yang matang akan dilepas ketika nyamuk Anopheles menggigit manusia, dan siklus berulang. 
Macam-macam Plasmodium penyebab penyakit malaria yang dibawa nyamuk Anopheles antara lain:
Demikianlah pembahasan mengenai Siklus Hidup Plasmodium Penyebab Malaria. semoga bermanfaat dan menambah referensi belajar bagi teman-teman.
Siklus Hidup Plasmodium Penyebab Malaria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Imran Ramadhan AR

0 komentar:

Posting Komentar