Menyajikan Informasi Kependudukan Melalui Peta, Tabel, Dan Grafik

Senin, 10 November 2014

Menyajikan Informasi Kependudukan Melalui Peta, Tabel, Dan Grafik

Menyajikan Informasi Kependudukan Melalui Peta, Tabel, Dan Grafik

Data kependudukan menjadi lebih informatif apabila dituangkan dalam bentuk tabel, grafik, dan peta. Karena melalui tabel, grafik, dan peta akan didapat suatu pola tertentu atau dapat diambil kesimpulan tentang keterkaitan atau hubungan antardata.

Data kependudukan adalah kumpulan elemen data penduduk yang terstruktur yang diperoleh dari hasil pendaftaran penduduk. Data penduduk terdiri atas beberapa elemen sehingga pembaca atau pengguna dapat dengan cepat memahami dan menganalisis suatu penyajian yang informatif.

1. Penyajian Data Penduduk dengan Peta

Menyajikan data penduduk dengan peta merupakan penyajian yang dapat menginformasikan data secara keruangan. Melalui peta, data penduduk dapat terlihat pola persebarannya sehingga dapat dianalisis penyebab dan keterkaitan antarruang. Contoh penyajian data penduduk dengan peta salah satunya adalah peta kepadatan penduduk seperti pada gambar berikut.

Gambar 2.9 Peta kepadatan penduduk Indonesia

2. Penyajian Data Penduduk dengan Grafik

Data penduduk yang disajikan dengan menggunakan grafik disebut pula grafik kependudukan yaitu suatu visualisasi data atau informasi tentang kependudukan secara ringkas, menarik, dan jelas dalam bentuk garis dan lengkungan, lingkaran, persegi, dan titik-titik agar memu- dahkan pembaca/pengguna dalam memahami data/informasi yang disajikan.

Keunggulan penyajian data penduduk dengan menggunakan grafik adalah:
  1. pembaca lebih mudah dalam membandingkan data satu dengan data yang lain,
  2. dapat menggambarkan data kependudukan secara seri, dan
  3. penyajian lebih menarik.

Selain memiliki keungggulan, penyajian data dengan grafik juga mempunyai kelemahan yaitu penyajian data dengan grafik bersifat aprosimatif (angka yang tercantum merupakan angka pendekatan) sedangkan angka yang detail termuat dalam tabel.

Jenis grafik secara umum dibagi 3, yaitu:
  1. grafik batang (bar graph) adalah grafik yang datanya diwakili oleh segi empat berbentuk batang baik horizontal maupun vertikal.
  2. grafik lingkaran (pie graph) adalah grafik yang berupa lingkaran dengan jari-jari lingkaran yang membagi lingkaran tersebut secara proporsional antara sudut lingkaran dengan persentase data.
  3. grafik garis (line graph) adalah grafik yang datanya diwakili oleh garis atau titik-titik.

Tabel 2.5 Contoh Data Angkatan Kerja Menurut Golongan Umur Tahun 2000
Contoh Data Angkatan Kerja Menurut Golongan Umur Tahun 2000

Grafik Batang

Grafik Lingkaran

Menyajikan Informasi Kependudukan Melalui Peta, Tabel, Dan Grafik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: al bathn

0 komentar:

Posting Komentar